Inilah Tipe Kepemimpinan Jokowi – JK


Tipe Kepemimpinan Jokowi-JK

oleh : Gabriella Isabelle Gala

Bulan demi bulan telah Indonesia lewati diwarna dengan warna baru atas dilantiknya Presiden baru kita yakni Bapak Jokowi beserta wakilnya Bapak Jusuf Kala yang akrab disapa Jokowi-JK. Setelah melewati beberapa bulan Indonesia ditangan pemimpin baru kita sadarkah kita mengenai tipe kepemimpinan beliau berdua ini? Secara pribadi, saya menilai bahwa kepemimpinan dari kedua orang hebat ini ialah tipe Servant Leadership.
Apakah Servant Leadership itu sendiri? Dari kata servant yang artinya pelayan, servant leader adalah searing pemimpin yang melayani dan bukan untuk dilayani. Ciri utamanya adalah melibatkan orang lain dalam megambil keputusan, memiliki kepedulian yang tinggi, sembari meningkatkan kualitas organisasi.
Untuk mengenal mengenai tipe kepemimpinan Presiden dan wakil presiden kita, mari kita perdalam tentang 10 karakter Servant Leader :
1. Listening
Pemimpin patut mampu mengerakan keluh kesah atas masalah yang terjadi dalam organisasi, serta mendegarkan suara hati dari anggota-anggotanya. Menderngarkan sambil mengevaluasi diri akan sangat berguna untuk servant leader
2. Emphaty
Empati yang dimaksud adalah setiap orang sangat ingin diterima bahwa dirinya unik bukan seorang yang aneh dan tidak diterima orang lain, maka tugas pemimpin disini menjadkan keunikannya sebagai kelebihan.
3. Healing
Seorang pemimpin harus mampu menjadi seorang “penyembuh”. Healing disini berarti menjadikan dua pendapat yang berbeda menjadi satu pendapat yang utuh. Seorang pemimpin juga harus dapat menyatukan hubungan setiap anggotanya.
4. Awareness
Kesadaran diri membantu servant leader dalam mengangkat isu-isu negatif menjadi isu-isu positif dan mengatasi permasalahannya dengan mudah dan cepat
5.Persuasion
Kemampuan untuk meyakinkan orang lain dapat dilakukan seorang servant leader dalam mengambil keputusan dengan cara musyawarah, Kepandaian dalam mempersuasi orang akan membuat pemimpin tersebut mendapatkan banyak respect dari anggotanya.
6.Conceptualization
Dalam servant leader pemimpin harus memiliki ide-ide yang lebih dari anggota-anggotanya. Sehingga para anggotanya dapat menjadikannya panutan dalam berbagai hal contohnya memiliki mimpi yang besar.
7.Foresight
Kemampuan ini digunakan untuk meramalkan apa kemungkinan buruk dan baik apa saja yang mungkin terjadi apabila mengambil kepuutusan. Dari sanalah akan diketaui bagaimana sisi buruk dan baik sebuah sistem itu sendiri.
8.Stewardship
Hal ini sangat erat hubungannya dengan kepercayaan. Kepercayaan akan timbul dari sikap keterbukaan yang dimiliki oleh seorang servant leader
9.Commitment to the Growth of People
Servant leader berkomitmen tinggi untuk perkembang setiap anggotanya ,dengan kata lain ingin agar anggotanya dapat berkembang seiring dengan tujuannya untuk mendapatkan tujuan akhir tersebut
10.Building Community
Servant leader tidak hanya berpaku pada tujuan akhir tapi juga dalam membangun komunitas. Anggota-anggotanya tidak dianggap sebagai anggota biasa saja tapi bagian dari komunitas terkait.
Demikianlah tipe kepemimpinan Presiden dan wakil presiden baru kita, Semoga kepemimpinan yang baru membawa Indonesia menjadi bangsa dan negara yang lebih maju dan lebih baik lagi. Tuhan memberkati bangsa dan negara kita.

sumber : m.kompasiana.com/post/read/705565/1/tipe-kepemimpinan-jokowi-jk.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s