Artikel : Inilah Sejarah Berdirinya Komunitas Tahajjud Berantai (KUTUB)


SEJARAH KUTUB

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat Tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”
(QS.Al-Isra’ : ayat 79).

Pernahkah membayangkan ribuan orang dalam waktu bersamaan, saling membangunkan untuk bertahajjud ?!.. Tentu kita belum pernah membayangkan sebelumnya. Namun ketahuilah, rutinitas inilah yg dilakukan oleh ribuan muslim yg bergabung di KUTUB.

Bagaimana Sejarah KUTUB ?

Banyak dari kita umat muslim sudah pernah mendengar betapa dahsyatnya keutamaan sholat tahajjud. Sehingga banyak yang rela waktu tidurnya dikurangi dikarenakan ingin mendapatkan keutamaan sholat tahajjud. Namun, tidak sedikit pula yang mendapatkan kendala untuk bangun di sepertiga malam lantaran letih karena padatnya aktivitas di siang hari sampai akhirnya ketiduran hingga tiba waktu subuh.
TAHUN 2011
Berbagai upaya dilakukan utk meningkatkan motivasi tahajjud. Salah satunya SMS Kutipan Motivasi Tahajjud yang dilakukan oleh Ust. H. Uti Konsen dan dikirim setiap sepertiga malam kepada para jama’ah nya. Cara ini kemudian ditiru oleh Erik.

Mulai pertengahan 2011 Erik mengirim sms setiap sepertiga malam ke nomor kontak teman-teman yang tersimpan di ponselnya
TAHUN 2012
Erik dikenalkan dengan Ust.Drs.H.Abdul Hakim yang mengisi kajian Islami setiap Sabtu malam di Masjid Imam Bonjol (Kab.Ketapang) dg tema ‘Pengajian Ekonomi Berbasis Tahajjud’. Beliau yang senantiasa memberikan motivasi untuk bertahajjud.
TAHUN 2013
Erik meminta agar pengajian yang sama diadakan stiap Selasa malam di Masjid Agung Al-Ikhlas (Kab.Ketapang).
Pengajian Ekonomi Berbasis Tahajjud ini dirangkai dengan diskusi dan tahajjud bersama.
Dan tidak ketinggalan, SMS dari ust. H. Uti Konsen masih rutin pula membangunkan mereka untuk bertahajjud

Jelang Akhir 2013, Ust.Drs.H.Abdul Hakim membawa Erik untuk mengikuti Pengajian rutin ST (Silaturahmi Tahajjud) yang diselenggarakan oleh ust.H.Uti Konsen di sebuah Pendopo miliknya bernama ‘Pendopo Rose’, di sanalah kajian khusus bertema tahajjud itu digelar setiap Jum’at petang dari Maghrib hingga Isya’ berjama’ah.

Ust.H.Uti Konsen adalah Tokoh Ulama yang menjadi Inspirasi sebelum KUTUB terbentuk.

Desember 2013, Erik bergabung dengan Komunitas ODOJ (One Day One Juz), sebuah komunitas yang memanfaatkan Aplikasi Whatsapp untuk berkomunikasi sesama anggotanya dan saling memotivasi untuk mengaji 1 juz setiap hari. Erik berkenalan dengan banyak teman di Komunitas ODOJ, salah satunya Huda Budiarto berasal dari Riau. Dan ada Suhardi dan Wawan teman dekat Erik sama asal dari Ketapang juga ikut bergabung di Komunitas ODOJ.
TAHUN 2014
Semangat membangunkan tahajjud dipadukan dengan Aplikasi whatsapp seperti yang digunakan oleh Komunitas ODOJ akhirnya melahirkan ide KUTUB (Komunitas Tahajjud Berantai)

Erik mengusulkan ide KUTUB kepada Suhardi dan Wawan serta teman di Komunitas ODOJ. Ide itu kemudian disambut baik oleh teman di Komunitas ODOJ, langsung pada tanggal 29 Januari 2014 oleh Huda Budiarto dibuatkanlah KUTUB dengan menggunakan sarana whatsapp seperti sekarang ini.

Ternyata KUTUB ini mulai banyak diminati dan dengan cepat tersebar ke seluruh Indonesia. Malam pertama 10 orang yang bergabung, jalan sepekan 100 orang bergabung, pekan ke tiga ada 1000 orang bergabung, memasuki 4 bulan ada 4000 orang lebih bergabung dalam KUTUB.

Jumlah ini mestinya terus bertambah seiring menyebarnya informasi mengenai KUTUB melalui media maya dan aksi nyata berupa acara-acara yang diadakan oleh para anggotanya di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia maupun di luar Indonesia.

Ust.Drs.H.Abdul Hakim sangat mendukung dgn keberadaan KUTUB ini, beliau menyatakan bersedia menjadi Penasehat KUTUB.

Pernyataan serupa juga diperoleh dari Ust.Amir Faishol Fath, MA dan juga kesediaan beliau untuk menjadi Penasehat KUTUB.

Yang juga penting yakni Ust. H. Uti Konsen yang merupakan Inspirasi awal KUTUB juga menyatakan bersedia menjadi Penasehat KUTUB.

Begitulah kisah di balik penyebaran KUTUB sampai saat ini. Semoga kita senantiasa diberi keistiqomahan serta kemampuan untuk mengajak saudara-saudara kita lainnya agar lebih giat bertahajjud sesuai dengan Visi KUTUB membudayakan Tahajjud setiap malam kepada seluruh lapisan masyarakat muslim dari berbagai kalangan.
Aamiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s