Agar Pasangan Tak Berpaling Ke Lain Hati


Agar Pasangan Tak Berpaling ke Lain Hati
Oleh : Cahyadi Takariawan

Lebih dari empat belas tahun kami menjadi konselor pernikahan dan keluarga di Jogja Family Center (JFC), tentu sudah sangat banyak hal kami dapatkan dari ruang konseling. Sangat banyak hikmah dan pelajaran penting dari berbagai persoalan hidup berumah tangga yang sering kami urai bersama banyak pasangan suami-istri. Kami sangat ingin sharing agar berbagai persoalan hidup berumah tangga yang sering kami hadapi bersama klien, tidak mudah menjangkiti dan mengganggu keluarga lainnya.

Akumulasi dan kristalisasi pengalaman empat belas tahun menjadi konselor itu yang membuat kami selalu berusaha menyampaikan pesan dan nasihat. Bukan karena kami sudah memiliki keluarga yang bagus dan ideal, namun lebih kepada dorongan rasa peduli untuk berbagi. Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan rangkaian ‘nasihat’ bagi semua keluarga Indonesia. Saya format dalam bentuk pesan untuk para istri dan pesan untuk para suami.

Maafkan saya kalau Anda tidak berkenan….

Pesan untuk Para Istri

Laki-laki itu makhluk visual, mudah tergoda oleh sesuatu yang masuk melalui penglihatan matanya. Jangan menyalahkan suami jika ia tertarik dengan penampilan perempuan yang cantik menarik, karena ketertarikan seperti itu bersifat alamiah. Itu tabiat laki-laki, mudah tergoda melalui pandangan matanya. Yang harus disalahkan adalah bab ketergodaan tersebut, bukan bab ketertarikan. Rasa tertarik itu wajar dan normal, namun tergoda itu tidak wajar dan tidak benar. Karena sudah memiliki istri, maka ia harus menepis dan menjauhkan diri dari ketergodaan.

Para suami jangan pernah membenarkan diri untuk tergoda dengan alasan melihat penampilan perempuan lain yang cantik dan menarik. Karena merasa tertarik, kemudian melakukan sejumlah tindakan untuk mengikuti rasa ketertarikan tersebut hingga akhirnya berujung kepada ketergodaan. Ini yang tidak bisa dibenarkan. Apalagi ketika situasinya ia merasa digoda, bukan tergoda. Di rumah ia merasa tidak ada yang menggoda, namun di luar rumah ada banyak perempuan yang sengaja menggoda dirinya. Situasi ini pun tidak boleh digunakan untuk membenarkan tindakan ketergodaan.

Suami Anda manusia biasa. Ia bisa tergoda kapan saja dan di mana saja. Godaan itu ibarat virus yang tersebar di udara. Hanya orang yang tengah lemah imunitas dirinya yang akan terkena penyakit akibat virus. Sama-sama berinteraksi dengan udara yang bervirus, ada yang terinfeksi dan ada yang tidak terinfeksi. Semua tergantung kondisi imunitas diri masing-masing. Jika memiliki imunitas yang kuat, maka tidak akan terpengaruh oleh virus. Jika imunitasnya lemah,  mudah terinfeksi oleh virus.

Oleh karena itu, para istri harus selalu berusaha untuk ‘menggoda’ suaminya dengan penampilan yang cantik dan menarik. Manjakan pandangan suami Anda, agar ia tidak berpaling ke lain hati. Usahakan untuk selalu tampil cantik menarik di depan suami agar ia terpikat dan tergoda oleh istri tercinta. Di rumah ia akan merasa mendapatkan apa yang diinginkan, yaitu sosok istri yang selalu tampil cantik menarik, berpenampilan segar dan wangi, mengenakan pakaian yang menggoda dan seksi.

Para istri jangan malas untuk berdandan untuk suami. Jangan malas merias wajah dan menjaga bentuk tubuh agar tetap seksi. Lakukan sejumlah usaha agar wajah selalu cerah, tampilan selalu menyenangkan, bau selalu segar, dandanan selalu menarik hati, ditambah dengan sikap yang lunak dan manja terhadap suami, bahkan pelayanan yang istimewa untuk suami. Dengan cara seperti itu, istri telah menjadi sosok yang selalu menggoda dan memikat suami. Para istri tidak perlu khawatir suami akan berpindah ke lain hati.

Manjakan selalu suami Anda dengan indahnya penampilan dan perbuatan nyata, agar ia tidak pindah ke lain hati dan selalu setia kepada Anda. Jangan pernah berlaku galak, mata membelalak, suka membentak, karena itu akan membuat dada suami menjadi sesak. Jangan membantah ucapannya, jangan melawan kemauannya, jangan berbicara dengan nada yang tinggi melampaui nada bicara suami Anda. Perlakukan suami bak raja, senangkan hatinya, siapkan keperluannya, bantu urusannya, selalu doakan untuk kebaikannya, jangan menuntut sesuatu di luar kemampuannya. Jadilah istri yang lembut dan penurut. Suami akan bertekuk lutut di hadapan Anda.

Pesan untuk Para Suami

Perempuan itu makhluk perasaan, mudah tergoda oleh sesuatu yang masuk ke dalam hati melalui pendengarannya. Jangan menyalahkan istri jika ia tertarik dengan sosok laki-laki yang tampak romantis dan penuh perhatian. Laki-laki yang pandai mengungkapkan kalimat pujian dan menampakkan perhatian yang besar terhadap dirinya. Ketertarikan seperti ini bersifat alamiah, sesuatu yang wajar saja pada rata-rata kaum perempuan. Yang harus disalahkan adalah bab ketergodaan, bukan bab ketertarikan. Rasa tertarik itu wajar dan normal, namun tergoda itu tidak wajar dan tidak benar. Karena sudah memiliki suami, maka ia harus menepis dan menjauhkan diri dari ketergodaan.

Para istri jangan pernah membenarkan diri untuk tergoda dengan alasan menemukan laki-laki yang tulus memperhatikan dirinya dan mendapatkan kenyamanan hati dalam interaksi. Karena merasa nyaman, kemudian melakukan sejumlah tindakan untuk mengikuti perasaan nyaman tersebut hingga akhirnya berujung kepada ketergodaan. Ini yang tidak bisa dibenarkan. Apalagi ketika situasinya ia merasa digoda, bukan tergoda. Di rumah ia merasa tidak ada yang memperhatikan, namun di luar rumah ada banyak laki-laki yang sengaja memberikan perhatian istimewa terhadap dirinya. Situasi ini pun tidak boleh digunakan untuk membenarkan tindakan ketergodaan.

Istri Anda manusia biasa. Ia bisa tergoda kapan saja dan di mana saja. Sebagaimana telah saya ungkapkan di atas, godaan itu ibarat virus yang tersebar di udara. Hanya orang yang tengah lemah imunitas dirinya yang akan terkena penyakit akibat virus. Sama-sama berinteraksi dengan udara yang bervirus, ada yang terinfeksi dan ada yang tidak terinfeksi. Semua tergantung kondisi imunitas diri masing-masing. Jika memiliki imunitas yang kuat, maka tidak akan terpengaruh oleh virus. Jika imunitasnya lemah, maka mudah terinfeksi oleh virus.

Oleh karena itu, para suami harus selalu berusaha untuk memperhatikan istrinya dengan sikap dan tindakan yang membuat istri merasa nyaman. Manjakan pendengaran istri Anda dengan kata-kata mesra yang membuai dirinya, agar ia tidak berpaling ke lain hati. Usahakan untuk selalu memberikan perhatian yang tulus terhadap istri agar ia terpikat dan tergoda oleh suami tercinta. Di rumah ia akan merasa mendapatkan apa yang diinginkan, yaitu sosok suami yang selalu mencintai, menyayangi, mengerti, memperhatikan, menghormati, menghargai, dan bisa menerima dirinya apa adanya.

Para suami jangan malas untuk memberikan perhatian istimewa untuk istri. Lakukan sejumlah usaha agar wajah selalu cerah di hadapan istri, tampilan selalu menyenangkan, bau selalu segar, ditambah dengan sikap yang lembut dan menyenangkan hati istri. Hendaknya Anda menjadi suami yang mudah memuji dan memberikan apresiasi terhadap istri, selalu mengerti dan memperhatikan kondisi istri, bahkan memberikan pelayanan yang istimewa untuk istri. Jangan malas berolahraga dan menjaga kesehatan badan, agar bisa optimal membersamai istri. Jangan bosan mendengarkan curhat dan cerita istri, karena istri sangat senang didengarkan dan diperhatikan. Dengan cara seperti itu, suami telah menjadi sosok yang selalu menyenangkan dan membuat nyaman istri. Para suami tidak perlu khawatir istri akan berpindah ke lain hati.

Manjakan selalu hati istri Anda dengan kata-kata mesra dan perbuatan nyata, agar ia tidak pindah ke lain hati dan selalu setia kepada anda. Jangan pernah berlaku galak, mata membelalak, suka membentak, karena itu akan membuat dada istri menjadi sesak. Peluklah istri dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, usap keningnya, elus rambutnya, genggam jemarinya, rangkul pundaknya, cium pipinya, puji penampilannya, nyatakan cinta, tetaplah setia. Istri akan bertekuk lutut di hadapan Anda

Mertosanan Kulon, 14 April 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s